Buku Menanam Pepaya 9 Tips Sukses Meraih Untung

Menanam pepaya itu mudah bila sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan akan tetapi jika anda belum mempunyai bekal ilmu tentang hal ini kemungkinan tingkat kegagalannya tinggi. Jika anda serius menekuni meraih untung dari budidaya pepaya, sebaiknya persiapkan dulu ilmu pengetahuan supaya berhasil. Anda bisa mencari literatur dari teman anda yang sudah berhasil atau mengikuti pelatihan yang diadakan oleh agrobuah atau pihak penyelenggara lain. Anda juga bisa mencari literatur dari buku panduan tentang cara menanam pepaya

buku
Buku panduan menanam pepaya.

Sebaiknya Anda mencari bekal terlebih dahulu, sebelum mencobanya. Karena sepanjang pengetahuan kami di lapangan, tingkat kegagalan petani pepaya disebabkan oleh SDM yang belum memadai. Sehingga bilamana ada kendala, mulai dari pembuatan bibit pepaya, usia pertumbuhan dan usia produktif sering kali tidak dikerjakan karena tidak tahu caranya, ataupun mengatasinya dengan asal-asalan. Bagi Anda yang ingin memulai menanam pepaya, saat ini yang terlaris di pasaran yaitu tipe varietas pepaya california dan tipe pepaya bangkok.

menanam pepaya
Mengadakan diskusi menanam pepaya

Pepaya saat ini masih dipandang sebelah mata, terutama bagi konsumen dan para petani palawija dan perkebunan. Hal ini tidak salah, mengingat pepaya sendiri bukan merupakan makanan pokok, namun merupakan makanan penunjang 5 sempurna dalam konteks makanan sehat. Saat ini, pepaya yang banyak beredar di pasaran adalah pepaya bangkok dan pepaya california. Sedangkan ketersediaan bibit kedua jenis pepaya tersebut, relatif belum banyak beredar di pasaran. Di situs-situs internet sendiri, sudah banyak dibahas tentang cara menanam pepaya, namun dirasa masih kurang jelas. Oleh karena itu, buku ini memberikan penjelasan yang lebih terperinci dan lebih lengkap.

Pepaya atau biasa disebut dalam bahasa Latin Carica papaya, merupakan salah satu jenis dari buah-buahan tropis di Indonesia. Tanaman ini dipercaya berasal dari benua Amerika, tepatnya adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Selatan bagian utara.

Buah pepaya memiliki rasa manis, biasa dikonsumsi sebagai hidangan penutup setelah makan. Buah ini sangat baik manfaatnya untuk kesehatan, karena kandungan vitamin A dan B sangat diperlukan bagi tubuh kita. Selain kandungan gizinya yang tinggi dan manfaat bagi kesehatan yang besar, pepaya masih ditanam secara konvensional. Dalam arti, penanaman pepaya belum sesuai dengan kaidah teknis perkebunan secara optimal dan hanya dianggap sebagai tanaman tumpang sari atau pun sambilan.

Namun di luar itu semua, pepaya ternyata memuat kandungan ekonomis yang tinggi, hal ini mengalami peningkatan seiring dengan munculnya jenis pepaya bangkok dan pepaya california. Selain manis dan berdaging tebal, juga harganya di atas pepaya lokal atau pun pepaya jenis lain.

Seiring dengan semakin meningkatnya permintaan pepaya california dan pepaya bangkok, maka buah ini semakin di lirik para pengusaha dan petani buah-buahan untuk bisa membudidayakan sendiri. Agro Buah sebagai salah satu pelaku sukses yang berhasil membudidayakan pepaya calipornia dan papaya bangkok ini kemudian bertekad untuk menyebar-luaskan ilmu dan pengalaman yang di dapat dengan menuangkannya kedalam buku yang berjudul:

9 Tips Sukses Meraup Untung dari Menanam Pepaya

Buku ini memuat tips dalam membudidayakan pepaya dengan baik dan optimal, di antaranya :

  1. Persiapan pembibitan pepaya: Hal ini meliputi pengadaan bibit pepaya, persiapan lahan dan merawat bibit dalam persemaian. Dimana sampai saat ini pembibitan pepaya ini masih bisa dibilang gampang-gampang susah.
  2. Pengolahan tanah sebagai media tanam, jarak penanaman yang baik dan pengolahan lahan secara optimal.
  3. Pengaturan pemberian pupuk pada masa awal tanam dan pemupukan lanjutan. Hal ini penting untuk dilakukan, agar bisa didapat hasil yang maksimal.
  4. Pemeliharaan pohon pada musim kemarau dan penghujan, terdapat perbedaan metoda perawatan tanaman pada musim kemarau dan musim penghujan. Perbedaan ini terutama pada pemberian air pada tanaman, karena bila terjadi kesalahan bisa berakibat fatal pada kelangsungan hidup tanaman.
  5. Cara membuat pohon pepaya cepat berbuah dan berkelanjutan, hal ini bisa menaikkan nilai ekonomis tanaman, namun belum banyak petani yang mengetahui cara agar tanaman bisa berbuah lebat dan berkesinambungan terus-menerus.
  6. Cara yang tepat dalam memanen pepaya dan pasca panen, meliputi ciri-ciri buah yang sudah siap panen dan cara memanen pepaya dengan baik.
  7. Cara penanganan hama pepaya secara tepat dan optimal, meliputi pengenalan jenis penyakit apa saja yang menimpa pohon pepaya berikut penanganan yang tepat agar bisa ditanggulangi sedini mungkin dan tidak menular ke pohon lainnya.
  8. Selain itu juga disertakan agenda kerja, yang berisi jadwal penanaman secara bertahap, sehingga memudahkan bagi pembaca dalam mengaplikasikan isi buku ini.
  9. Dalam waktu dekat, bisa di unduh melalui aplikasi play store ponsel.

Anda tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut?

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memesannya melalui SMS atau pun WhatsApp ke nomor berikut ini:

Admin Agro Buah

Telkomsel 081227817774 phone, SMS, WhatsApp

Indosat 085879821348 phone, SMS ( cukup satu nomor saja jika anda menghubungi)

Kembali ke atas dalam judul ” Buku Menanam Pepaya 9 Tips Sukses Meraih Untung

(Visited 3.814 times, 1 visits today)

Agro Buah

Produsen Tanaman Budidaya Buah Agrobisnis