Cara menghitung kebutuhan benih pepaya

Memulai menanam pepaya tentunya mempersiapkan benih pepaya. Setelah tahu lahan luas yang kita tanami pepaya diperkirakan misalkan 1.000 batang. Jika membeli benih sejumlah 1000 benih/biji tentunya salah untuk mencapai bibit pepaya dilahan lobang area tanam 1.000 simak baik- baik kenapa salah.

Kenapa salah kalau menanam benih pepaya disemai menjadi siap tanam tentunya mengalami proses alam, pembuatan kecambah ada yang tidak tumbuh, di persemaian dipastikan ada yang mati, setelah ditanam dilahan juga begitu, apalagi jika menginginkan yang kita tanam bisa menghasilkan jenis pepaya sempurna.

Lantas bagaimana  supaya persiapan benih pepaya bisa pas sesuai yang kita harapkan? … Simak baik-baik cara yang saya sampaikan menurut pengalaman saya.

Untuk mendapatkan keuntungan pepaya secara maksimal diperlukan siasat tertentu supaya senanti kita panen mendapatkan hasil buah yang sangat diminati pasar.  satu-satunya cara hingga saat ini mensortir tanaman yang berbuah betina dan hanya di hidupkan yang hermaprodite saja. karena pangsa pasar harga jual antara betina dan ssempurna selisih harga jual pepaya berbeda kisaran seribu rupiah perkilonya.

Dalam mempersiapkan bibit pepaya tanaman ini juga harus diketahui berapa kebutuhan benihnya. Dalam menghitung kebutuhan benih ini disesuaikan dengan jumlah tanaman yang akan ditanam di lahan. Jumlah benih yang disiapkan untuk membuat bibit yang akan di tanam nantinya sebanyak dua X lipat hingga tiga X lipat, dari jumlah tanaman yang akan dibudidayakan.

Apabila tanaman yang akan dibudidayakan sebanyak 1000 tanaman, maka jumlah yang dibutuhkan adalah 2000 hingga 3000 biji, tujuannya untuk sulaman dan seleksi tanaman abnormal.

Misal penanaman pepaya sebanyak 1000 pohon. Maka berapa banyak benih yang perlu disiapkan untuk disemai? Menurut pengalaman saya dalam pembuatan bibit pepaya kebutuhan untuk mencapai 100 persen mendekati benar maka diperlukan benih tambahan.

Tidak

KISI-KISI KEGAGALAN DALAM MEMBUAT BIBIT PEPAYA

%
 1 Daya kecambah benih sebanyak 80% benih yang tidak berkecambah 20
 2  Kematian pada pembibitan  25
3  Buat sulaman awal tanam  20
 4  Sulaman untuk pepaya bulat atau betina  30
5  Sulaman yang tak terduga  15
  Prakiraan benih yang harus disediakan untuk mencapai 100 berhasil perlu persediaan tambahan benih dalam prosentase berkisar 110

 Jadi untuk menggambarkan maksud tujuan diatas kebutuhan benih pepaya :

Jumlah tanaman pokok 100%
Jumlah untuk persiapan sulam 110%
Sehingga kebutuhan benih pepaya total adalah 210%

Gambaran diatas adalah untuk yang sudah mahir dalam membuat semai bibitnya.

Jika anda masih pemula belum ada pengetahuan tentang menyemai buatlah persediaan benihnya buat jaga-jaga jika ada kegagalan masih tersedia benih untuk segera di semai, tujuannya  supaya tidak ketinggalan jauh dengan bibit yang sebelumnya dibuat. Semoga tips ini bisa membawa manfaat.

Membuat bibit pepaya jika belum berpengalaman memang agak sulit. Mengatur dan merencanakan benih pepaya kita supaya bisa segera ditanam memerlukan ke telatenan dalam merawatnya :

  • Mempersiapkan media tanam supaya mudah tumbuh.
  • Menaruh media di polibag.
  • Membuat perkecambahan.
  • Merawat tiap hari penyiraman.
  • Memberi nutrisi secara berkala supaya sehat.
  • Memberi imun dan pencegahan supaya tidak terserang hama dan penyakit.
  • Memilah bibit dengan ukuran yang sama.

Jika anda kesulitan dalam membuat bibit pepaya. 

Agro buah juga menyediakan bibit pepaya siap tanam. kami bisa mengirim ke lokasi tujuan anda dengan sarat dan ketentuan berlaku. Untuk lebih jelasnya silahkan buka pada halaman : http://agrobuah.com/jual-bibit-pepaya-berkualitas.html

benih pepaya
Armada pengiriman bibit pepaya siap tanam bisa diantar ke tempat konsumen menggunakan rak khusus supaya sampai tujuan tidak mengalami kerusakan.

Bagaimana menurut pengalaman anda dalam mempersiapkan kebutuhan benih pepaya ? bagi yang sudah berpengalaman bisa berbagi informasi di kolom komentar dibawah ini.

kembali ke atas halaman judul : mengenai cara menghitung kebutuhan benih pepaya

 

(Visited 1.028 times, 1 visits today)

Agro Buah

Produsen Tanaman Budidaya Buah Agrobisnis

Satu tanggapan untuk “Cara menghitung kebutuhan benih pepaya

  • 17/06/2016 pada 21, 45
    Permalink

    Tes kolom komentar,.
    Agro Buah menyajikan informasi kepada publik.
    Manfaatkan media ini sebaik mungkin untuk menambah wawasan anda.
    Keberhasilan dalam bercorak tanam akan lebih mudah jika di iringi dengan bekal ilmu pengetahuan, sehingga tercapainya hasil secara maksimal.

    Salam sukses,. Design copyrigh by agrobuah.com

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *