Cara Mengatasi Hama Tanaman Pepaya

Hama tanaman pepaya hal penentu tingkat berhasil atau tidaknya dalam budidaya menanam pepaya.

Hama dan penyakit pada tanaman pepaya pengaruhnya luar biasa pada tanaman pepaya. Jika pepaya yang kita tanam mengalami gejala datangnya  serangan hama sebaiknya segera di atasi. Banyak yang teledor dalam menangani masalah ini. Kebanyakan sudah terserang hama baru mengobatinya. jika tanaman sudah terjangkit hama lebih sulit menanggulanginya.

  • saran saya lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Gangguan tanaman pepaya di kelompokkan menjadi dua yaitu HAMA dan PENYAKIT. Masa kembang biaknya pun terbanyak dialami di 2 waktu yaitu pada musim kemarau biasanya yang datang menganggu pepaya kebanyakan jenis hama sedangkan pada musim penghujan gangguan yang sering dialami terserang penyakit/ jamur.

pepayaA. Kelompok Hama pepaya yaitu :
Kutu putih atau kutu tanaman
Tungau merah / coklat/ ijo
Lalat buah.

Hama tanaman pepaya ke tiga macam di atas  biasanya menghisap cairan sel dalam jaringan. (daun batang buah pepaya dengan meggunakan mulutnya). akibatnya daun bisa mengkerut, kekuning kuningan buahnya rusak kulit luar dan daging dalamnya jika mateng warna blonteng (bangle) Jika tidak segera di atasi  pertumbuhan dan buahnya rusak bahkan mati. Hama kutu putih, tungau, lalat buah, biasanya muncul pada musim kemarau, pada musim penghujan biasanya hilang dengan sendirinya.

Kutu putih dan kutu kutuan

Hama Pepaya  ini berwarna putih kecil tubuhnya ditutupi selaput benang lembut. berkembang biak secara bergerombol, penyebarannya bisa terbang bersama angin dan berkoloni dengan semut. .

Cara merusak :
Menghisap cairan sel dalam jaringan daun batang buah dengan meggunakan mulutnya. Akibatnya daun  bisa mengkerujut kehabisan cairan daun rusak dan mati. Jika menempel di buah kutu putih ini bergerombol dan menyerap cairan buah pepaya.

Cara mengatasinya : 
Jika terkena kutu putih semprot dengan insektisida, yang manjur hingga saat ini silahkan memakai insektisida alika. (baca aturan pakai dalam kemasan dan jangan memakai lebih dari dosis yang di anjurkan) Jika serangan hama parah tambahkan detergen. Pangkas bagian pepaya yang terserang parah dan musnahkan.

hama tanaman pepayaTugau merah / coklat/ ijo
Bentuk hama tungau  mirip laba-laba berukuran kecil kurang dari 1mm

Cara merusak :
Hama tanaman pepaya ini menghisap daun pucuk tanaman dan tunas muda. Bagian yang diserang berubah warna bekas luka menjadi bintik titik kuning lalu menghitam dan tumbuh mengkerut tidak sehat. .

Cara mengatasi  :
Jika terkena tungau merah pengendaliannya dengan tepung belerang dengan cara di hembuskan ke permukaan daun pepaya yang terserang. atau penyemprotan menggunakan akarisida (seperti kelthane  atau morestan). (baca aturan pakai dalam kemasan dan jangan memakai lebih dari dosis yang di anjurkan)

Lalat Buah
Hama tanaman pepaya Lalat buah biasanya menusuk  dengan alat mulut moncongnya menembus kulit buah kemudian meletakkan telurnya.Masa/ periode telur sekitar,1-20 hari . Lalat buah pepaya cepat berkembang biaknya dan bergerombol. Efek dari sengatan buahnya rontok, jika tidak rotok buahnya menjadi benjol benjol.

hama lalat buahcara mengatasinya :
Buat perangkap dengan botol plastik di rangsang menggunakan petrogenol, atau menaruh kapur barus di gantung di sekitar pepaya, fungsinya sebagai pengusir lalat buah membuat lalat buah tidak bernafsu makan.

B. Kelompok Penyakit bisa di identifikasikan Kelompok Jamur  yaitu :
Layu bakteri
Rebah batang
Busuk pangkal batang
Antraknosa / busuk buah.

Tanaman pepaya rentan terhadap air. kekurangan air atau kelebihan air bisa mati. Biasanya pada musim penghujan yang sering mengalami gangguan di atas muncul akibat hujan. banyaknya air yang ada dalam tanah mengakibatkan lembab. sehingga mempercepat kembang biak patogen baik jamur maupun bakteri. Juga mengakibatkan terganggunya keseimbangan pupuk tanaman pepaya dalam tanah.

Cara menanggulangi :
Pengaturan drainase yang baik. tidak boleh ada air yang menggenang.

Jika tanaman pepaya dalam keadaan sehat atau Lakukan penyemprotan  fungisida dan insektisida  bergantian secara teratur. bisa dilakukan setiap 7 hari sekali.

Jika  mengalami gejala terkena penyakit penyemprotan fungisida satu minggu 2 kali hingga sembuh, dan dilanjutkan berkala setiap 7 hari dan rutin. pakai cara MMCT
Pada musim penghujan biasanya ph tanah turun dan lembab lakukan pemupukan dolomit secukupnya. Efek doloit pada tanah lembab suhu di dalamnya bisa menjadi hangat.

Cara MMCT : mudah murah cepat dan tepat dilakukan bahan pengobatan.    Dalam adonannya :
hama tanaman

Obat fungisida + detergen + ajinomoto atau MSG

Cara Pakai yaitu dalam tangki semprot ukuran 14 liter
Jika serbuk : 2 sendok makan jika cair : 5 sampai 7 cc/ml. ( baca aturan pakai)

Detergen ( biasanya kami pakai  mama lemon cuci piring dan buah bisa juga jenis sabun colek. bukan detegen  untuk pencuci pakaian terlalu panas) 3 sampai 5 sendok  ( fungsi detergen pembunuh bakteri lihat di kemasnya ).

Ajinomoto MSG untuk masak. 3 sampai 5 sendok makan ( jangan di tertawakan  lo mOsOk moto untuk penyedap makanan kok buat pengobatan). Jangan remehkan kandungan moto untuk tanaman, kalau tidak percaya silahkan tanya sama mbah google  manfaat ajinomoto MSG untuk tanaman. Tanya sama mbah google klik di sini

Karya di atas adalah pengalaman kami tentang mengatasi hama tanaman dan penyakit yang ada pada pepaya.

Catatan tips jitu MMCT mengatasi hama tanaman.  

pemakaian insektisida bisa di tambahkan detergen + ajinomoto atau MSGpemakaian  fungisida  bisa di tambahkan detergen + ajinomoto atau MSG
fungsi detergen = megurangi nafsu makan / membunuh  hama dan bakteri
fungsi ajinomoto atau MSG= memberi tambahan suplai pada tanaman makanan.karena MSG kandungan Nitrogen tinggi

Logika : jika sakit harus di obati kalau minum obat maka harus ada makan nutrisi yang memadai.

hal yang tidak boleh
*** Fungisida tidak boleh dicampur dengan insektisida
*** Jika mau mencampur dengan pupuk jangan berkategori pukuk kalium.

Penting ……
jika tanaman pepaya tidak dalam sakit atau gejala  terserang hama tanaman pepaya  saya sarankan mengunakan obat-obatan yang biorganik. Jika ada yang lebih tahu cara cepat dan tepat mengatasi hama pepaya mohon tulislah pengalaman anda di kolom komentar.

isikan komentar pengalaman anda.
Dengan adanya interface antara pengunjung lainya yang membacanya jadi tahu, ilmu anda bermanfaat dan jangan lupa mendapatkan pahala lo.

Semoga dalam budidaya menanam pepaya anda mendapatkan hasil panen melimpah sesuai harapan.

artikel kait kata tag :

pepaya, hama tanaman pepaya,

pepaya, hama tanaman pepaya, budidaya tanaman pepaya

44 thoughts on “Cara Mengatasi Hama Tanaman Pepaya

  • 28/02/2012 at 15, 39
    Permalink

    kenapa penyakit tanaman lebih sulit disembuhkan daripada hama tanaman? terima kasih

    Reply
    • 28/02/2012 at 23, 12
      Permalink

      Timbulnya penyakit pada tanaman biasanya muncul di musim penghujan. membuat drainase yang baik dan benar semoga penyakit pada tanaman bisa cepat di atasi. keadaan tanah pH turun, lembab, dan akhirnya yang terjadi busuk akar. berilah pengobatan / pencegahan fungisida secara berkala dan teratur.

      Reply
      • 22/02/2015 at 22, 59
        Permalink

        Penyakit lebih sulit diatasi dibanding hama, karena penyakit itu meresap ke dalam organ tumbuhan, sedangkan hama biasanya ada di luar.

        Semua yang diajarkan Pak Ali itu sudah benar. Aplikasi dolomite, fungisida merk Benlate (bahan aktif benomyl dan thiram), detergen, dan irigasi yang baik adalah teknis penanganan dan antisipasi penyakit yang tepat.

        Adapun monosodium glutamate dapat juga diaplikasikan dengan sistim kocor.

        Untuk memaniskan buah, bila dirasa kurang manis atau tingkat kemanisan dibawah 9 brik, dan jika sulit mendapatkan pupuk pemanis, bisa mengkocorkan sakarin (sari gula). Aplikasi 30 gram plus 2 liter air/pohon, 15 hari sebelum panen.
        Biasanya naik menjadi 10-11 brik.

        Bisa juga untuk memaniskan buah lain semisal jeruk dan jambu.

        Reply
  • 02/03/2012 at 11, 10
    Permalink

    Assmlaikum…wr.wb.
    Pada tahun 2008 yang lalu saya tertarik untuk menanam pepaya jenis california, dan alhamhmdulilah skrg sudah bebrapa kali panen. Namun saya menmui bebrpa kendala, mulai dari hama yang menyerang tanaman hingga pemasaran buah pada saat panen tiba.
    1. Masalah hama, untuk masalah hama saya sudah bisa mengatasinya. Untuk masalah jamur pada batang saya belum tahu cara mengatasinya…
    2. Masalah pemasaran, saya berdomisli di Banyuasin dekat dg kota palembang…………. kalo ada agen buah yang berminat dg pepaya kami silahkan hubungi saya di email “mi_pupeng@yahoo.co.id”
    Wailakumslm,…wr.wb.

    Reply
    • 22/02/2015 at 23, 18
      Permalink

      Saya seorang penangkar bibit tanaman keras.
      Lumayan lama juga berjuang menghadapi serangan jamur/cendawan/fungi pada benih yang kita tangkar.

      Untuk mengendalikan serangan jamur stadium dini sampai sedang, maka bisa lakukan cara berikut ini :
      Semprot seluruh bagian tanaman yang terlihat, juga permukaan tanah sekitar tumbuh tanaman dengan fungisida sistemik semisal Benlate atau Bayleton (Benlate lebih baik). 4 hari kemudian semprot dengan fungisida kontak berbahan cuprum (tembaga) atau bisa juga berbahan sulphur (belerang), semisal merk Dithane M45.
      4 hari kemudian semprot lagi dengan larutan 50 cc detergen (Mama Lemon) plus 15 liter air.

      Jika sebulan kemudian tak juga berhasil, maka upaya terakhir adalah semprot dengan 1% klorox (Super Pel).

      Kalau tak juga berhasil, eradikasi (cabut, bakar).

      Cara mencegah jamur :
      1.Jangan pakai pukan mentah/belum dijemur kering.
      2.Jaga irigasi.
      3.Pakai dolomite.
      4.Menurut pengalaman, aplikasi NPK dan/atau Triple Super Phosfat dapat mengurangi kemungkinan serangan fungi sampai 50%.

      Reply
  • 06/03/2012 at 20, 32
    Permalink

    kenapa alasannya fungisida tdk boleh di campur dg insek?, apa fungi yg berbahan aktif tembaga atau yg lain. mohon komennya. Trims

    Reply
    • 07/03/2012 at 03, 36
      Permalink

      makasih mas ibnu komentarnya..
      kawan- kawan ini ada pertanyaan dari teman kita mas ibnu.. tolong dong di reply pertanyaan diatas…

      Reply
  • 06/02/2013 at 22, 19
    Permalink

    setelah tanam berapa hari di pupuk? pake pupuk apa.? apa sih yang termasuk fungsisida, berilah contoh obatnya dan gunanya. ma kasih

    Reply
  • 23/03/2013 at 13, 15
    Permalink

    Tanaman pepaya saya terserang daun kriting abis ,buah totol2,rasanyapun tdak manis..lw dzni d namakan kena angin barat.sy bingung tuk mengobatinya gmn y?mhn solusinya

    Reply
    • 24/03/2013 at 22, 28
      Permalink

      Terimakasih mas imam atas komentarnya di cara mengatasi hama pepaya. pertanyaan anda terlalu singkat dan belum bisa saya mengerti maksudnya. kalau bisa silahkan foto dan kirimkan le email kami di sini
      ini analisa saya saja kemungkinan besar
      1. Kebersihan kebun kurang terjaga,
      2. Kurang respek terjadinya gejala penyakit pepaya / jamur.
      Tindakan untuk memulihkan yaitu
      A. Segera jaga kebersihan kebun bersihkan gulma dan perbaikan drainase.
      B. Penyemprotan jenis fungisida + pupuk daun pengulangan minimal 3X yaitu hari ke 1 di ulang hari ke 3 diulang hari ke 9.
      semoga segera teratasi masalah yang ada.

      Reply
      • 22/02/2015 at 23, 20
        Permalink

        Daun keriting biasanya disebabkan oleh kutu. Aplikasikan insektisida Decis.

        Reply
  • 19/10/2013 at 07, 07
    Permalink

    muncul plak bintik kehitaman pada daun tanaman pepaya disebabkan terserang penyakit jamur. gejala ini tertanda ph tanah mengalami penurunan. cara mengatasinya silahkan semprot dengan fungisida+pupuk daun. kerja lanjutan silahkan dipupuk dengan pupuk serbuk ziolit.

    Reply
  • 21/10/2013 at 09, 21
    Permalink

    cara mengatasi hama penyakit kutu buah pada pepaya dn jenis insektisida yg prlu di smprot kn (cth)
    dan cara pemupukan …..
    nya pada usisa 2 bln….

    tlng d coment

    Reply
  • 22/11/2013 at 02, 40
    Permalink

    Bro..kalo misalnya peptisida+msg+Deterjen+pupuk daun boleh???kalo boleh pupuk daun apa yg cocok?soalnya gw liat artikel loe gk boleh yg ad Kaliumnya…Tolong infony bro thx

    Reply
    • 01/12/2013 at 01, 51
      Permalink

      Mas bambang silahkan cari di toko pertanian Pupuk daun banyak macamnya. Bilang saja ke penjual mencari pupuk daun. macamnya banyak dari masing-masing kota berbeda-beda jadi tidak harus sama.

      Reply
  • 27/11/2013 at 12, 27
    Permalink

    P.Ali, tanaman pepaya sudah umur 5 bln dan sdh mulai tumbuh buah / pentil cukup banyak menggebirakan , tetapi pada saat musim hujan datang tiba tiba dlm waktu 1 minggu bakal buah dan daun menguning dan mati.kira kira kenapa ya ? usaha apa yg harus saya lakukan.
    terima kasih

    Reply
    • 16/03/2014 at 21, 55
      Permalink

      pinem gejala diatas adalah terjadi pembusukan akar akibat tanah lembab musim hujan. silahkan atur drainase supaya air cepat tiris.

      Reply
  • 08/05/2014 at 07, 52
    Permalink

    Assalamualaikum Pak Ali wahid ,

    Saya mau menanyakan :

    1. Penyakit apa yang terdapat pada buah pepaya yang berupa putih yang bila dipenjet terasa empuk. Jamur atau hama? dan obatnya apa saja?.

    2. Bila serbuk putih di batangnya, itu jamur atau hama, pak?. mohon penjelasannya cara mengatasinya.

    3. Pada musim hujan dulu 2 batang pepaya saya roboh dan patahan batangnya bukan dipangkal batangnya melainkan di tengan batang, itu penyebabnya apa saja pak?.

    Terima kasih penjelasannya

    Reply
    • 09/05/2014 at 01, 28
      Permalink

      Pak sugito saya sudah baca lamiran email. putih-putih yang menempel pada pepaya itu adalah hama. Semprot saja dengan insektisida pada hari ke satu dan hari ke3. semoga sembuh. pengalaman saya memakai alika ditambah pupuk daun. gunakanlah anjuran pakai dalam kemasan.

      Reply
  • 12/05/2014 at 14, 35
    Permalink

    Pak Ali Wahid,

    Pepaya dari bibit yang dibeli dari bapak sudah dipanen dan hasilnya sudah dipasarkan di daerah saya. Hasilnya alhamdulillah lumayan dan pertanyaan saya adalah
    1. Bagaimana cara mengetahui bakal buah yang akan muncul berbentuk peluru, kadang tiap-tiap pohon bentuk buahnya ada yang bulat dan ada juga yang berbentuk peluru. Karena kebanyakan penikmat pepaya didaerah saya, suka pepaya yang berbentuk peluru.
    2. Sampai ketinggian berapa mtr idealnya jika melakukan regenerasi pepaya yang baru (penanaman lagi).

    Terima kash

    Reply
    • 15/05/2014 at 00, 49
      Permalink

      Cara terbaik hanya sortasi / penjarangan pada calon buah sekiranya jelek / tidak bisa menjadi calon bakal buah sempurna.

      red— calon bakal buah yang tidak sempurna itu terjadi banyak faktor masalahnya,. yang penteng jaga kesehatan pepaya dan kesuburannya. dan tlaten sortasi ketika calon buah sebesar jari atau masih kuncup.

      Sudah punya tanaman pepaya pasti ngerti apa yang saya maksud.

      Reply
  • 26/05/2014 at 14, 07
    Permalink

    Pak Ali Wahid,

    Sebagian batang pohon saya tidak sehat, setelah saya robohkan ternyata akarnya membusuk dan terdapat rayap diakarnya. Yang saya tanyakan adalah penyakit apa yang ditimbulkannya dan bagaimana cara mencegah agar pohon yang lain tidak separti hal tersebut diatas serta apa obat untuk mengatasinya bila sudah terlanjut terserang penyakit spt itu?.

    Sekian dan banyak terima kasih.

    Reply
    • 22/02/2015 at 23, 30
      Permalink

      Cara mudah mengatasi rayap tanah adalah aplikasi urea sebulan sekali. Pilih urea yang baunya paling pesing. Perut rayap yang lembut itu gak tahan kena ureum. Bau pesing juga bikin rayap ngacir.

      Tapi kalau mau, bisa pakai anti rayap.

      Reply
  • 21/08/2014 at 20, 36
    Permalink

    Kenapa ya, daun baru yang muncul kriting?

    Reply
      • 22/02/2015 at 23, 36
        Permalink

        Jika ada bercak, itu penyebabnya jamur/fungi. Aplikasikan fungisida (Benlate atau Dithane M45) plus detergen.

        Jika tidak ada bercak, maka perhatikan bagian bawah daun. Kalau ada kutu, maka aplikasikan insektisida. Saya pakai Decis.

        Jika tidak ada kutu dan tidak ada bercak, maka penyebabnya bakteri. Aplikasikan bakterisida dan insektisida. Karena vektor bakteri itu biasanya sejenis belalang.

        Reply
  • 25/08/2014 at 12, 55
    Permalink

    pak ali wahid’
    trimakasih artikelnya sngat brmanfa’at bagi saya yg baru trjun d prtanian utma’nya pepaya….baru Awal pnanaman daun mulai tumbuh dgn musim skrang yg tak braturan’kdng panaS kdang” curh hujn brubh tinggi’ …..yg sya tanyakn bbrpa tnamn daun yg baru tmbuh mnglami peNGKRITINGAN ..
    1.bgaimna solusinya pak?
    2.jika d lkukn pnyemprotan wktu yg paS dri jm brapa nympe jm brpa ?
    3.untuk mndptkn hsil maksiml’lngkh yg hrus d lkukn kdepanya bgmana ?
    Prtnya’an Hrp d mklumi baru d bidng prtanian blum ckup ilmu’ .”heeehe
    4.Trimkasih pak ats jwb’ya

    Reply
  • 24/09/2014 at 23, 34
    Permalink

    saya saat ini sedang budidaya pepaya mas,namun saat pepaya sudah mulai berbuah daunnya jadi keriting,layu trus busuk mas,kira2 ada apa dengan pepaya saya mas.trimakasih

    Reply
    • 25/09/2014 at 19, 24
      Permalink

      To Firdaus,. kemungkinan perawatan terhadap kebersihan kebun kurang diperhatikan hingga terjadi penyakitan pepaya tersebut,.

      Reply
      • 09/10/2014 at 00, 09
        Permalink

        Mau nanya nih gan??
        Pepaya california Jika ditanam di daerah berangin kencang sprti daerah nganjuk jatim,,kira2 bisa maksimal g gan??? Mohon jwabannya,,

        Reply
      • 22/02/2015 at 23, 43
        Permalink

        Firdaus, aplikasikan Nativo atau Revus Opti. Keduanya adalah fungisida sekaligus bakterisida.

        Reply
  • 06/12/2014 at 22, 12
    Permalink

    Pak Ali., saya Rismawan.
    pepaya saya sudah berusia 4 bulan, bibitnya dari agrobuah.com jenis IPB9
    Skrg yg jadi kendala,, pepaya saya ada yg pucuknya tiba2 bengkok dan batang pucuk mengkerut,lama-lama daun pucuk tsb mengunig dan rontok,kemudian mati.
    Kira2 apa penyebabnya dan cara mengatsinya./
    mohon solusinya,,
    (poto akan saya kirim)

    Reply
  • 07/06/2016 at 00, 27
    Permalink

    Kalo pepaya layu,, pakek tudung ia.. mungkin gak sanggup nahan teriknya matahari.

    Reply
  • 02/08/2016 at 23, 38
    Permalink

    Halo Pak Ali, Saya saat ini ada kebun pepaya berumur kira-kira 3-4 bulan yang lagi berbunga, untuk sekarang tumbuh dengan bagus . Saya memakai pupuk ZPT hantu multiguna dan setelah berbunga saya gabungkan pemakaiannya dengan pupuk NPK Jagotani.
    Pertanyaan saya adalah, harus kah saya menggunakan insektisida dan fungisida untuk saat ini sebagai langkah awal untuk pencegahan? jika iya bagaimana cara pemakaian nya??

    Terima kasih

    Reply
    • 03/08/2016 at 04, 22
      Permalink

      Pada usia berbunga dan berbuah sangat rentan terhadap OPT.
      Supaya tanaman tetap sehat sebaiknya lakukan persiapan dini untuk pencegahan. penyemprotan berkala setiap 10 hari fungisida. dan jika nampak mopt hama segera di lakukan pencegahan dengan insektisida. penggunaan obat sebaiknya sesuai dengan sasaran OPT

      Reply
      • 03/08/2016 at 20, 59
        Permalink

        Terima kasih Pak Ali. Boleh saya selang seli penyemprotannya dengan fungisida dan insektisida.

        Reply
        • 04/08/2016 at 01, 36
          Permalink

          Untuk penanganan fungi bisa rutin berkala, namun untuk pencegahan hama jika terjadi gejala serangan OPT saja, karena OPT hama nampak / kelihatan pengganggunya.

        • 04/08/2016 at 01, 52
          Permalink

          Terima Kasih untuk informasinya Pak Ali

  • 04/08/2016 at 01, 54
    Permalink

    Pak Ali,

    Saya juga ingin bertanya sesuatu. Boleh tak POC seperti supernasa dicampur bersama dengan pupuk kandang sebagai pupuk dasar sebelum menanam?

    Reply
    • 05/08/2016 at 23, 58
      Permalink

      POC ada 2 macam penggunaan secara umum. Pertama bisa aplikasi langsung dan juga bisa sebagai biang / bibit, ciri-cirinya khusus kandungannya ada agen hayati (mikro organisme ).
      Ke dua tidak bisa kembang-biak maksudnya hanya untuk aplikasi langsung ke tanaman.
      Jadi silahkan di gunakan sesuai kebutuhan.

      Reply
  • 06/08/2016 at 15, 57
    Permalink

    Terima kasih Pak Ali. Jadi tidak menjadi masalah jika saya mencampurkan POC bersama pupuk kandang sebagai pupuk dasar sebelum mula menanam?

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: