Kiat sukses menanam pepaya

menanam pepaya
Awal mula keberhasilan menanam pepaya tentunya kualitas benih dulu.

Untuk sukses menanam pepaya dimulai dari pemilihan bibit yang bisa mengambil dari biji atau beli menggunakan bibit siap tanam. Biji bisa diperoleh dengan membuat sendiri atau membeli dari penyedia benih yang sudah terpercaya. Benih pepaya pada dasarnya jika ditanam akan menghasilkan buah yang tidak satu macam. Pertumbuhannya senantiasa akan akan terbagi menjadi 4 kelompok yaitu : hermaphrodite ( sempurna) betina, jantan dan perubahan genetika. Jadi bagi para pemula sedikit perlu diketahui dalam menanam pepaya nantinya akan dijumpai  hasil buahnya bisa menjadi beberapa kategori seperti yang sudah saya sebutkan tadi. 

Membuat benih pepaya sendiri.

Pembuatan benih pepaya bisa diambil dari varietas yang kita inginkan. Misalnya kita berkeinginan menanam pepaya California atau calina atau merah delima atau madu ataupun jenis bangkok dengan cara mengambil buah yang masak pohon kemudian dipotong sepertiganya buang dua pertiga bagian pangkal dan ujungnya kemudian ambil bagian biji tengahnya saja. Selanjutnya biji yang sudah diambil tadi dicuci dan dihilangkan selaput pelindung bijinya. Keringkan atau bisa juga langsung disemai bisa dipastikan tumbuh hampir 100 persen. Jika anda pemula dan masih bingung menentukan sebaiknya menanam varietas apa bacalah postingan yang lalu pada judul cara memilih menanam pepaya. Kelemahan hasil membuat benih pepaya sendiri, dari pengamatan dilapangan kebanyakan prosentase hasil buah untuk yang sempurna / hermaphrodite pertumbuhannya menghasilkan 55 persen, betina 30 persen, jantan 10 persen dan perubahan genetika 5 persen. Kelemahan lainnya dengan membuat sendiri jika tidak memiliki pengetahuan secara maksimal selain didapat jenis yang akan menghasilkan buah seperti diatas, bisa jadi bahkan daya tahan tanaman terhadap OPT (organisme pengganggu tanaman) lemah atau mudah terserang OPT. Kelebihannya jika membuat benih pepaya sendiri biaya untuk mempersiapkannya lebih murah.

Membuat benih pepaya sendiri resikonya terlalu besar jika anda tidak mahir harus menunggu sekitar 9 bulan hasilnya baru diketahui. Pada dekade tahun 2016 hingga sekarang persaingan semakin ketat. Jika anda tidak siap bersaing dengan kualitas dikawatirkan tidak mendapatkan hasil maksimal karena yang ditanam tidak sesuai permintaan pasar akhirnya kurang untung banyak bahkan bisa merugi. Hal ini dikarenakan buah yang dihasilkan banyak yang berbuah bulat atau hasil buah dari perubahan genetika bahkan ketahanan terhadap OPT kurang maksimal.

Kiat sukses berkebun pepaya.

Berhasil secara maksimal atau tidaknya dalam berkebun pepaya tentu tergantung dari sejauh mana upaya yang dilakukan, diantaranya kesiapan anda dalam mempersiapkan benih. Pengetahuan dasar mempersiapkan lahan, kebutuhan pemupukan dan pengendalian terhadap OPT. Bahasan ini sudah saya rangkum dalam sebuah buku Pedoman Menanam Pepaya. (untuk mendapatkannya silahkan buka pada halaman http://agrobuah.com/order/) Keberhasilan bertani ataupun berkebun tanaman lainnya hal utama yang harus diperhatikan adalah :

Kualitas benih harus bagus.

Jika anda belum mahir dalam mempersiapkannya saya sarankan sebaiknya menggunakan dari produsen benih terpercaya.Banyak penyedia yang menjual diberbagai tempat dan untuk mendapatkannya juga tidak sulit. 
Tips paling mudah sebelum memulai berkebun pepaya berkunjunglah ke petani yang menurut anda terbilang sukses. Tanyakan benihnya diperoleh dari mana, tinggal mengikuti jejak mereka yang sudah sukses. Atau jika ada waktu sesekali ikut pelatihan menanam pepaya yang diadakan agro buah. Info ini bisa di baca pada halaman jadwal pelatihan.

Agro buah salah satu produsen benih pepaya terpercaya, sudah banyak yang membuktikan menghasilkan varietas unggul. Prosentase sempurna kisaran 70 persen betina 30 persen dan perubahan genetika dan jantan 0.1 persen atau hampir tidak ada. Karena pembuatan benih pepaya dari agro buah sudah sesuai dengan petunjuk dari UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian serta bekal pengalaman kami dalam mengembangkan pepaya dari tahun 2007 hingga kini. Bijinya mudah tumbuh karena sudah melalui beberapa proses seleksi sarat membuat benih diantaranya tahan terhadap OPT; bisa tumbuh serempak; dan terseleksi perubahan genetikanya sehingga bisa maksimal diperoleh hasil yang sempurna. 

Petunjuk untuk pesan benih dari agro buah silahkan menuju halaman http://agrobuah.com/order/. Jika tidak mau menyemai sendiri kami juga menyediakan bibit siap tanam. Baca pada halaman sedia bibit pepaya siap tanam.

(Visited 690 times, 1 visits today)

Agro Buah

Produsen Tanaman Budidaya Buah Agrobisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *