Budidaya Menanam Pepaya Dan Penyakitnya Pada Musim Penghujan.

Budidaya menanam pepaya di musim penghujan  adalah hal yang tidak mudah dilakukan khususnya bagi pemula, akan tetapi bagi para senior petani pepaya kendala tersebut bisa diatasi. Berkebun pepaya itu gampang ternyata sulit, dibilang sulit ternyata banyak yang sukses. Dalam berkebun pepaya di area ladang tentunya tidak berdiri sendiri akan tetapi berdampingan dengan tanaman milik orang lain. Tingkat penentu kesehatan tanaman anda juga berpengaruh pada lingkungan, terutama dari hama atau penyakit pada pepaya tertular.

Budidaya pepaya bisa tumbuh dan layak di area ladang tipe tegalan kalau orang jawa menyebutnya. Kalau dijabarkan area yang cocok untuk budidaya menanam pepaya ada pada tanah jika musim hujan air tidak tergenang atau bisa tiris jika berhenti hujan, dan jika musim kemarau air bisa mengalir ke area kebun pepaya,.

Budidaya pepaya biasanya yang terbanyak bisa memenuhi kriteria di atas ada pada daerah lahan semi berpasir tentunya tidak begitu berpengaruh dalam musim penghujan karena begitu air hujan turun sederas apapun begitu berhenti, air bisa tiris sendiri, akan tetapi pada area lahan menanam pepaya pada lahan tanah lempung tentunya sulit air bisa tiris sendiri. Dengan adanya berbagai kendala pada area kebun pepaya yang tergolong sulit air bisa tiris tentunya diperlukan pengerjaan supaya bisa terpenuhi kebutuhan yang ada di paragraf ke 2 dengan cara pembuatan irigasi tepat sasaran dan hama maupun penyakit seterusnya sebagian akan kami bahas di bawah ini.

Perihal dan kendala pepaya musim penghujan.

  • Jika terjadi curah hujan tinggi penggenangan pada area pepaya, hal tersebut jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan busuk akar kemudian layu dan bisa menyebabkan kematian.
  • Pepaya mudah sekali terkena serangan penyakit diantaranya jamur, biasanya yang sering terjadi busuk akar, terjadi plak berbintik kecoklatan pada daun, pembusukan pada buah pepaya, dan berbagai gejala lainnya pada tanaman pepaya.
    budidaya
    Pengaturan irigasi pepaya, pembersihan gulma, dan menguruk tanah pada perakaran batang pepaya pada usia 2 minggu.

Budidaya pepaya pada musim penghujan bagi yang baru memulai sebaikmya perhatikan lahan area tanaman anda.

  1. Datang hujan air bisa tiris, diperlukan pembuatan irigasi yang benar.
  2. Area tanaman sedikit di gunduk, dan jika terjadi pada tanaman pepaya ;
  3. Usia dibawah 2 bulan biasanya di musim penghujan batang daun pepaya terkena pinjalan tanah dan menempel pada batang dan daun pepaya jika tidak segera dibersihkan bisa mengakibatkan busuk akar dan batang pepaya, cara mengatasinya semprotlah / guyur air bersih tanah yang menempel pada tanaman.
  4. Sesekali tengoklah sewaktu hujan deras daerah mana yang menyebabkan air tergenang, dan segeralah di atur air bisa berjalan lancar keluar dari area tanam pepaya.
  5. Jika tanaman pepaya sehat semprotlah secara berkala, tiap 10 hari sekali mengunakan fungisida atau insektisida.
  6. Awas insektisida dan fungisida tidak boleh dicampur / di semprotkan secara bersamaan.
  7. Waktu yang tepat jika dilakukan pada pagi hari sebelum jam 9 setelah itu kurang baik. atau jika penyemprotan pada sore hari setelah jam 15.00.
  8. Dan jika melakukan penyemprotan untuk menghemat waktu dan biaya sebaiknya tambahkan pupuk daun.
  9. Sebaiknya gunakanlah aturan pakai yang tertera pada kemasan obat yang anda beli, jika tidak tahu cara menggunakan, mintalah bantuan petunjuk di penjual toko pertanian.
  10. Jika menyalai dosis aturan pakai bisa menyebabkan kebal hama dan penyakit.
  11. Gunakanlah obat secara bergantian.
  12. Pencegahan terkena hama atau penyakit pada tanaman pepaya atau menanam dalam keadaan terjangkit gejala sakit misalnya mengatasi jamur :
    • hari ke 1 memakai obat jamur merek A  dengan cara kerja obat kontak jika belum sembuh.
    • Antara hari ke 3 hingga ke 5 menggunakan merek B dengan cara kerja obat sistemik secara bergantian.
    • Pengulangan ke dua kalinya biasanya penyakit sudah sembuh, jika belum bisa mungkin terjadi obat yang dipakai tidak tepat sasaran fungsi. atau sebaiknya konsultasikan pada dokter tanaman ( PPL ).
  13. Jika terserang hama segeralah di atasi dengan cara seperti pada cara mengatasi jamur.
  14. Perihal identifikasi gejala yang merusak tanaman pepaya :
    • Ciri-ciri utama jika pepaya mengalami terserang penyakit, perusak tanaman tidak bisa dilihat dengan kasat mata, biasanya yang terjadi daun berbintik kecoklatan baik diantara daun muda hingga daun tua. pembusukan pada akar, batang, daun ataupun buah.
    • Ciri-ciri utama jika menanam pepaya terkena hama, : Perusak tanaman bisa dilihat dengan kasat mata,  atau bagian yang menempel pada tanaman jika di tekan (di plithes) mengeluarkan cairan.
    • dan seterusnya silahkan cari tau sendiri dengan belajar mengetahui gejala yang terjadi pada tanaman.
    • Jangan lupa jika sudah menemukan cara mengatasinya perusak tanaman sebaiknya hafalkan, lebih bagus lagi di catat supaya tidak lupa..

Catatan penting : Musim penghujan tanaman pepaya sebaiknya area perakaran pepaya di taburi dengan pupuk dolomit. biasanya jika sering terkena air hujan biasanya Ph tanah mengalami penurunan. manfaatnya, menetralisir Ph tanah baik kurang atau berlebih. Dengan adanya pemberian pupuk dolomit untuk pencegahan terjadinya jamur, dan daya tahan tanaman pepaya terhadap penyakit, manfaat lainnya memiliki kandungan Kalsium (CaO) dan Magnesium (MgO) berkisar antara 19 ~ 32%.pemberian pupuk dolomit sangat dianjurkan sebagai pupuk pelengkap,  Pemberian hanya dua hingga tiga kali dalam setahun, tergantung tingkat keasaman tanah. Jika tingkat keasaman tanah tinggi berarti pemakaian dolomit sering.

  • Kekurangan Magnesium (Mg) tanaman pepaya ditandai dengan daun yang menguning, sehingga kehilangan kemampuan menghasilkan CO2, dengan demikian, pemberian pupuk dolomit akan mampu menambah unsur hara Magnesium yang diperlukan tanaman pepaya, sehingga warna daun akan menjadi hijau lagi.
  • Pemberian dolomit penyerapan unsur hara, Nitrogin (N) Fosfor (P), Kalium (K) oleh tanaman menjadi baik.
  • Pemberian pupuk berbentuk Amonium (UREA/DAP) dan kalcium (KCL/ZK) yang terlalu banyak, dapat mengakibatkan kekurangan Magnesium (Mg). Selain itu pupuk nitrogen mempunyai kecenderungan menjadi tanah mudah masam. Pemberian pupuk dolomit mampu menetralkan reaksi tanah yang bersifat masam akibat pemberian pupuk yang berlebihan.

Agenda bagi yang baru memulai budidaya pepaya :

  1. Memulai menanam jangan lupa berdo’a dahulu semoga diberi kemudahan, mendapatkan panen dan hasil yang melimpah, terjaga dari hama dan penyakit pepaya dan seterusnya..
  2. Mempunyai bibit pepaya siap tanam yang sehat  dan berkualitas.
  3. Minggu ke 2
    • Pemberian nutrisi tanaman lewat semprot pupuk daun. baca bagian 12
    • Penyulaman tanaman pepaya yang mati
    • Menutup perakaran pepaya dengan tanah tipis.
    • Pengaturan irigasi supaya keluar masuk air lancar.
  4. Minggu ke 3
    • Pemberian nutrisi tanaman lewat semprot pupuk daun baca bagian 12
    • Pembersihan gulma yang mengganggu tanaman.
      pepaya
      Pemberian nutrisi tanaman pepaya dengan di kocor usia tanam satu bulan foto design by AGRO BUAH
  5. Usia tanam 1 bulan
    • Pembersihan gulma sambil mengatur calon tempat pemberian pupuk kocor supaya tepat sasaran.
    • pemberian pupuk NPK di sekitar bagian luar perakaran pepaya dengan cara pengocoran kemudian :
    • Menutup tanah tipis bagian yang telah kita kocor pupuk tadi.
    • Perapian dan irigasi yang baik.
    • Selang satu minggu pemangkasan ujung batang pepaya (pupusnya) secara serempak  petunjuk ini bisa di lihat di teknis  pepaya cepat berbuah
  6. Usia menjelang 2 bulan sudah waktunya pemberian nutrisi tanaman melalui perakaran.

Sampai disini dahulu salam sukses dan semoga bermanfaat.

Update bahasan ini telah kami revisi secara menyeluruh. Silahkan baca petunjuknya pada halaman Buku Menanam Pepaya  

desing by AGRO BUAH

(Visited 7.239 times, 8 visits today)

Agro Buah

Produsen Tanaman Budidaya Buah Agrobisnis

24 tanggapan untuk “Budidaya Menanam Pepaya Dan Penyakitnya Pada Musim Penghujan.

  • 12/01/2013 pada 21, 53
    Permalink

    Mas kalu untuk mengatasi embuk apa yaaa? pepayaku setelah aku cek ditanahnya banyak embuknya?

    Balas
    • 14/01/2013 pada 23, 24
      Permalink

      Pakabar mas Wiwit ,.. lama tidak komentar di blog saya,…. pepayamu dah mulai panen belum ,. ?

      Untuk mengatasi embuk kalau di orang jatim tahu tapi kalau orang jateng jabar tidak tahu mas.
      embuk = uret = Hewan hidup di dalam tanah perusak pemakan akar tanaman,. cara mengatasinya Taburi sekeliling batang pepaya dengan insektisida puradan.

      Balas
  • 16/01/2013 pada 20, 28
    Permalink

    Alhamdulillah udah mulai panen yang belum sesuai harapan, tetpi ya lumayanlah. ini sudah aku taburi tinggal nunggu perkembangannya.untuk perawatan rutinya sekarang apa perlu di beri dolomit lagi, dosis untuk umur 1 tahun perbatangnya berapa/ serta pupuk kimianya dosis yang mas berikan kemarin tiap berapa bulan sekali?

    Balas
  • 14/02/2013 pada 08, 47
    Permalink

    Pepaya California, baru mulai berbunga, tetapi bunga rontok, sebaiknya bagaimana?

    Balas
    • 14/02/2013 pada 11, 21
      Permalink

      1. ini musim penghujan coba perhatikan dan perbaiki irigasinya..
      2. Perhatikan kesehatan tanaman daun batang subur atau ndak..
      3. jika daun kurang hijau dan mudah rontok bakal buahnya tambahkan pemupukan kocor npk mutiara ditambah pupuk urea sedikit.

      Balas
  • 05/03/2013 pada 09, 19
    Permalink

    assalam wrwb,mas Wachid saya menanam pepaya baru pertama kali, dam mulai tanam akhir juli 2012, hanya saya menggunakan methode SAPROLL yaitu mulai dari olah tanah sampai masa tanam dan perawatan hanya pakai SAPROLL, perlu diketahui lahan di tempat saya sangat cethek atau kontur top soil tipis,sedalam pacul sdh wadhas,tapi alhamdulillah dengan SAPROLL saya sudah panen dan awal petik umur tanaman 8bulan,dan bangganya saya tanaman saya tanpa pestisida kimia,untuk jalinan silaturahmi dan media saya belajar ini no hp saya 087719296568 dan email sigprist@gmail.com..wassalam wrwb

    Balas
    • 05/03/2013 pada 10, 47
      Permalink

      Wa’alaikum salam Wr. Wb Trimakasih mas sigit memberikan komentar yang bisa memberikan semangat kepada para pemula pembudidaya pepaya ,. sebagai motifasi n… penambah semangat, tingkat kesuksesan menanam pepaya ada pada ketlatenan dalam merawatnya. . dan perhatikan gejala yang terjadi pada tanaman. jika pertumbuhan mengalami hijau daun kurang bagus, / terkena hama atau penyakit / berhenti berbuah amati bagaimana pemberian nutrisi pangannya dan pencegahannya.

      Balas
  • 05/03/2013 pada 11, 01
    Permalink

    terima kasih atas sarannya,memang saya belum cukup telaten merwatnya…nutrisi yang baik dimusim hujan ini gimana mas?lahan saya lebih pendek dari saluran air jadi untuk membuang genangan air hujan susah..apalagi kalo hujan besar jadi spt kolam…ini yang bikin prihatin,maka saya butuh saran nutrisi yang tepat agar tdk terputus buahnya

    Balas
    • 05/03/2013 pada 11, 54
      Permalink

      Segera setting buat irigasi. jika air tidak bisa keluar dari area, paling tidak buatkan saluran serapan air sendiri. boso jowone gae got mubeng nang sawahmu dw.
      “” pepaya rawan air mengenang. >>> gampang terserang virus jamur >>> berusahalah bagaimana hujan turun deras begitu selesai hujan, air bisa tiris / asat.

      Balas
  • 05/03/2013 pada 17, 27
    Permalink

    makanya waktu itu saya setting dengan membuat bedengan/guludan/gandenan…agak membantu juga,tapi khawatir dan hanya ikhtiar tiap genangan saya semprot SAPROLL sebagai buffer,alhamdulillah tidak ada yang layu,tapi atas bunganya saat ini kurang maksimal..ini yang bikin was2,yaa saat ini berdoa dan ikhtiar dan terima kasih infonya sehingga saya bisa belajar banyak

    Balas
  • 25/03/2013 pada 10, 31
    Permalink

    ,pak kalau di buah pepaya ad putih putih seperti jamur tpi lengket itu apa za cara mengatasinya

    Balas
    • 26/03/2013 pada 13, 51
      Permalink

      Mas danang putih dan ketika di raba terasa lengket itu bukan jamur. melainkan jenis hama. untuk mengatasinya silahkan semprotkan racun / insektisida. untuk lebih detailnya silahkan pelajari pada Cara Mengatasi Hama Tanaman Pepaya

      Balas
    • 19/07/2014 pada 01, 13
      Permalink

      Mas danang jika gejala yang menempel pada buah pepaya putih lengket atau jika di plenyet berair itu saya rasa bukan penyakit akan tetapa yang menempel hama. solusinya disemprot dengan insektisida. biasanya yang saya pakai alika atau regen 50 biru.

      Balas
  • 26/03/2013 pada 08, 00
    Permalink

    Numpang tanya.saya menanam pepaya california di pekarangan rumah ada 5 batang,sudah berbuah.cuma saat ini kok daunnya ada bintik2 kuning kemudian coklat lalu layu..sdh tak cek waktu siang ataupun malam nda ada serangga atau kutu,sdh sy semprot dng insektisida tpi masih tetep blm berhasil.apa itu ciri2 serangan jamur atau apa ya?terimakasih sebelumnya atas bantuannya

    Balas
    • 26/03/2013 pada 13, 54
      Permalink

      Mas wahyudi gejala yang terjadi pada tanaman pepaya anda itu bukan gejala terjangkit hama melainkan terserang penyakit / jamur kresek. untuk mengatasinya silahkan semprotkan fungisida. silahkan pelajari pada bagian Cara Mengatasi penyakit Tanaman Pepaya

      Balas
  • 21/09/2013 pada 17, 48
    Permalink

    Saya msh pemula pak. Berapa pokok tanaman pohon pepaya jika lokasi tanah. Sekitar 3 tante dan bagaimana jarak penanamannya.
    kemudian minta informasi apa nama pupuk yg pantas digunakan pak. Terima kasih.

    Balas
    • 01/10/2013 pada 01, 33
      Permalink

      To Erjoin m lahan 3 tante saya tidak mengerti apa maksudnya. ini saja sekedar buat patokan, 1 HA itu 10.000m bisa di tanami sekitar 1700 batang, jadi kalau 1.000 m bisa di tanami 170 batang. Silahkan hitung sendiri kebutuhannya berapa.

      Balas
  • 16/01/2014 pada 14, 00
    Permalink

    Assalamu’alaikum pak Ali, saya mau tanya:
    1. Pengolahan tanah sblm menanam pepaya apakah harus digulut? klo langsung membuat lubangi (misal 40x40x20) spt menanam sawit, apakah hal tsbt diperbolehkan?
    2. Prospek pasar pepaya ini selain konsumsi untuk apa Pak? Apakah di lokasi/kota Bapak berusaha dengan banyaknya orang yang menanam Pepaya, hasilnya masih diserap Pasar..?

    Balas
    • 16/03/2014 pada 21, 48
      Permalink

      Untuk aplikasi yang tepat inti permasalahannya :
      Bagaimana pepaya mudah berakar Pekerjaan = penggemburan
      Mudah dalam pengairan = pembuatan palir air jika musim kemarau supaya air mudah masuk ditanaman.
      Jika musim penghujan = bagaimana air bisa keluar dengan cepat.

      jadi silahkan di aplikasi bagaimana mudah pengerjaannya sesuai dengan cara setempat.

      Balas
  • 07/05/2014 pada 13, 10
    Permalink

    Siang pak,saya mau tanya apa ya penyebab daun pepaya saya kenapa bisa keriting dan berulat?

    Balas
  • 04/11/2014 pada 07, 47
    Permalink

    salam pak, mohon bantuannya,
    pepaya saya saat ini sedang dalam masa tanam, kira2 sudah umur 1 bulan lebih, alhamdulillah perkmebangannya bagus, daun dan batang hijau segar-sehat, namun beberapa hali lalu saya temukan beberapa pohon tiba2 layu, padahal yang lain tidak, pengairan, pupuk, serta dolomite untuk mengatur kelembaban juga sudah, gejala semacam ini penyakit atau apa pak?
    terimakasih sblmnya…

    Balas
    • 05/11/2014 pada 23, 24
      Permalink

      Mas Yusron ,,. pengairan, pupuk, serta dolomite untuk mengatur kelembaban sudah di lakukan., faktor lainnya kayaknya tidak ada yang bisa menyebabkan mati mas.,
      Praduga saya pada bagian pepaya yang layu bisa sangat mungkin kelebihan air waktu pengairan,. hingga mengakibatkan busuk akar bukan karena penyakit.
      Coba perbaiki cara mengairi. basah dan segera tiris di sekitar batang pepaya. jangan sampai menggenang.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *