Home » Budidaya Pepaya » Teknis Budidaya Pepaya Berbuah Cepat

Cara Budidaya Pepaya Cepat BerbuahCara Budidaya Pepaya Berbuah Cepat
cara ini tergolong baru.
Namun sudah teruji berhasil yang kami kembangkan.
Hasilnya batang kokoh.

Tanaman pepaya berumur 1 tahun lebih
memiliki batang besar, sehingga tahan rebah.
Manfaat tanaman pepaya jika di pakai cara ini
akan menghasilkan pohon pepaya pendek,
dan cepat berbuah.
Gunanya mempermudah pemetikan pepaya.

cara budidaya pepaya

Usia 1 bulan / tinggi 40 cm potong pupusnya saja, supaya tumbuh tunas banyak seperti  gambar ini

cara menanam pepaya

Potong ke 2 kalinya ketinggian tanah sekitar 15 cm.  Atau dari tunas ke 3~5 dari  bawah.  Pilih 1 tunas terbaik 

cara budidaya pepaya

Hasil dari pemanngkasan setelah umur 3~4 bulan, bermunculam buah dari bawa sekitar 20 cm

 

 

 

 

 

 

 

 

 

***** Update … 

Ada cara terbaru supaya pepaya bisa 2 bulan HST sudah belajar berbuah, berbatang gemuk, berbuah pendek, berbuah lebat dan tidak cepat menjulang tinggi.

Tips yang sebaiknya dilakukan yaitu :

1. Pepaya ditanam pada usia sekitar satu minggu atau sudah hidup adaptasi dengan lahan sudah bisa memulai pemangkasan.

  • Cara memangkasnya pada batang utama sekitar di atas daun tiga dari bawah.
  • Yang dipangkas diatas daun ke tiga pada batangnya.
  • Untuk menghindari mati dari akibat pemangkasan saratnya harus ada sisa daun.
  • Batas pemangkasan dari tanah dikira-kira antara 15 hingga 20 cm. 
pemangkasan pepaya

Gambar 1 Cara memulai pemangkasan.

2. Setelah pemangkasan lakukan pemupukan kocor.

  • Gunakan pupuk NPK dengan cara dicairkan.
  • Takaran 250 g atau 1 kg dibagi 4 dilarutkan dengan air 15 L
  • Pupuk harus benar-benar larut air semua.
  • Pemupukan hati-hati dan tidak boleh mengenai batang dan daunnya.

Pemupukan kocor lanjutan bisa seminggu sekali atau 10 hari sekali hingga usia 2 bulan.

pemupukan pepaya

Gambar 2 Pemupukan kocor pepaya

 

3. Perempelan tunas air.

  • Setelah di pangkas selang satu minggu bermunculan tunas air.
  • Seleksilah tunas air di rempeli semua dan
  • Sisakan satu tunas yang akan dipelihara.
  • tunas air selalu keluar jika dan tanda-tanda nutrisi makanan pepaya tercukupi tunas air akan selalu tumbuh.
  • Tujuan perempelan supaya tidak ada persaingan makan dengan batang tunas yang kita pelihara.  
    Perempelan tunas air

    Gambar 3 Perempelan tunas air

     

4. Hasil pemangkasan yang kita harapkan.

  • Batang kokoh dan gemuk.
  • Buahnya mantabe.
  • Jika pemupukan terjadwal secara berkala hasilnya kurang lebihnya seperti gambar 4.
  • Jika kesehatan terjaga usia 2 bulan sudah keluar bunga dan menjadi bakal buah jadi.
  • Dilanjutkan pemupukan usia vegetatif ke usia produktif. pepaya berbuah cepat

 

Catatan.

Untuk mencapai hasil maksimal tentunya tidak hanya pemangkasan saja.

Cara di atas hanyalah perlakuan terhadap tanaman pepaya sebagian kecil.

Masih banyak tahapan yang sebaiknya anda kerjakan.

Jika anda ingin belajar ilmu pengetahuan tentang menanam pepaya lebih mendalam saran saya ikutlah pelatihan budidaya pepaya yang kami adakan. Kapan acara pelatihan di laksanakan baca pada bagian judul   http://agrobuah.com/cara-daftar-pelatihan-menanam-pepaya/.HTML

Akan tetapi jika anda tidak ada waktu untuk acara pelatihan anda bisa menggunakan buku saya tentang berkebun pepaya.

Buku ini di buat berdasarkan pengalaman saya selama menjadi pengusaha pepaya dari tahun 2006 hingga sekarang. Banyak petani binaan plasma saya yang berhasil.

 Kisi bukunya bahasan tentang :

9 TIPS SUKSES MERAUP UNTUNG DARI MENANAM PEPAYA.

  1. Membuat benih berkecambah dengan serempak.
  2. Mengolah tanah supaya tumbuh subur dan aman ketika penghujan.
  3. Tahapan menanam pepaya
  4. Ulasan pemupukan berjangka dari usia 1 hingga usia 12.
  5. Membuat tanaman pepaya pendek dan cepat berbuah.
  6. Mengatur pepaya pada musim kemarau dan penghujan.
  7. Mengatasi hama dan penyakit.
  8. Mengatur pepaya dapat berbuah lebat dan terus menerus.
  9. Pengetahuan cara memanen yang benar.

Jika anda ingin memilikinya dikenakan ganti ongkos cetak sebesar 50.000 belum termasuk ongkos kirim luar jawa 15.000 pulau jawa 10.000.

Untuk pengiriman menggunakan jasa kantorpos dikirim hingga sampai alamat rumah tujuan.

Pemesanan lewat nomor admin saya  sms / whatsApp 0812278177774

design by Agro Buah

Posting terkait pepaya :
Media Tanaman Pepaya
Memilih Tanaman Pepaya
Pepaya California Orange Lady
Benih Pepaya Berkualitas
Pepaya Bangkok Unggul

47 thoughts on “Teknis Budidaya Pepaya Berbuah Cepat

  1. Andi says:

    Terima kasih tutornya akan saya praktekan dan adakah manfaatnya selain itu. dan apakah bisa kami datang ketempat agrobuah untuk konsultasi maalah budidaya pepaya

  2. WIWIT EKO PRANOTO says:

    Mas, bibit yang kemarin udah ketanam semua tgl 22 Desember, sellanjutnya pemupukan anorganiknya gimana? rencana nanti aku mau praktekkan resep pepaya cepat buah, apa bisa untuk jenis thailand?

    1. Ali Wachid says:

      cara tersebut bisa di pakai pepaya california atau pepaya thailand.
      bisa dilakukan dua cara. ( PILIH SALAH SATU )
      CARA KE 1
      sebelum usia tanam sekitar satu mingggu / tanaman pepaya sudah benar2 tumbuh, silahkan lakukan pemupukan kocor.
      memakai mutiara kanada di tambah sp 36.
      5 : 1 di campur air sekitar 10 liter, di kocor untuk 10 batang. Tapi hati-hati jangan sampai kena batang pepaya / jarak dari batang sekitar 5 cm.
      atau
      CARA KE DUA
      Sekitar umur 1 bulan pakai pupuk campuran dengan perbandingan kcl 2 kg : sp36 3 kg : za 3 kg dolomit 2 kg = 10 kg.
      untuk pemupukaan sekitar 100 batang.
      UNTUK MUSIM PENGHUJAN, DOLOMIT HARUS PAKE.

  3. WIWIT EKO PRANOTO says:

    Terus kapan kita bisa tahu pepaya sempurna, betina atau jantan? apakah yang jantan & betina harus di cabut terus di tanami ulang

    1. Ali Wachid says:

      Pepaya sudah bisa di ketahui jenis buahnya sekitar umur 3 bulan sudah berbunga.
      Jika menginginkan punya pepaya berbuah panjang sempurna semua.
      Silahkan tanam dobel (satu lobang tanam di isi 2 batang).

  4. Artikel Menarik gan… Salam Sukses,,,
    Jangan lupa berkunjung ke lapak ane

    1. Ali Wachid says:

      terima kasih atas kunjungannya.. aku senang anda berkunjung kemari. semoga suatu saat kita bisa menjalin kerjasama bidang bibit buah yang anda punya

  5. WIWIT EKO PRANOTO says:

    Mas, untuk pemupukan selanjutnya gimana dosisnya? trims

    1. Ali Wachid says:

      Kalau tidak salah sekarang tanaman pepaya mas wiwit sekarang menjelang masa berbunga ya?..
      Biasanya Pepaya jika menjelang berbunga pemberian pupuk anorganik antara kandungan NPK 2:1:2 ini ada cara mudah :
      campurkan NPK ponska 12kg+Za 1.5 kg+KCL kanada 0.5 jumlahnya 14kg.
      pupukkan pepaya untuk 100 batang. ( 1 kg untuk 7 batang )
      Silahkan hitung sendiri kelipatan tanaman mas wiwit.

      Besok kalau aku sudah longgar waktunya, akan saya postingkan > Cara membuat pupuk NPK sendiri lebih murah harganya.

      *****
      Hati-hati pemupukan pepaya masih kecil di musim penghujan. pemberian pupuk kimia jangan terlalu dekat dengan batang pepaya. pupuklah secara melingkar jarak dari batang sekitar 30 _ 50cm.
      segera uruk tanah pupuknya.
      Segera tambah pupuk kompos 1 batang kasih 1 ember / sekitar 10 kg

  6. WIWIT EKO PRANOTO says:

    Selamat malam mas. Pepaya bibit dari Mas sudah tumbuh subur, usia sekitar 2 bulan dan udah aku potong pupusnya,tinggal menanti tumbuh tunas yang baru.Pemupukan sudah saya laksanakan seperti petunjuk dari mas. Pertanyaan selanjutnya adalah dosis untuk pemupukan usia tanam 3 bulan dan seterusnya bagaimana? Sekaligus minta dukungannya agar pepaya saya nanti di pasaran Ponorogo layak untuk di konsumsi.

  7. jual tas chloe fashion says:

    No matter if some one searches for his necessary thing, therefore he/she wants
    to be available that in detail, therefore that thing
    is maintained over here.

  8. Roslan says:

    Salam,

    Saya mau mencoba menanam papaya bisa jelaskan kaedah bapak:
    Tanaman pepaya pada usia sekitar 1 bulan atau ketinggian 40~50 cm di potong pupusnya,

    -Apa maksudnya dipotong habis langsung separas tanah?

    biar tumbuh tunas. Tunggu sekitar 10 hari tunas baru akan bermuculan.

    -Dari tunas yang tumbuh dipelihara satu tunas terbaik

    Setelah itu batang pohon pepaya dipotong lagi sekitar 15 cm dari ketinggian batang pohon pepaya dari tanah.

    -Tunas yang dipilih dibiarkan tumbuh sampai ketinggian berapa/berapa lama untuk dipotong sekitar 15cm dari tanah?

    Tunggu 7 hari mulai seleksi tunas yang paling bagus di tinggal satu saja.

    Terima Kasih.

    1. Ali Wachid says:

      mas ruslan coba perhatikan bagian pemotogan ke dua dan silahkan di zoom gambarnya. kan tampak pemotongan batangnya ketinggian sekitar 15 cm.
      jadi bukan dipotong habis separas tanah.

  9. Nasrudin says:

    Assalam Wr. Wb;
    Mhn Maaf Pak. saya mau tanya kl saya pesen bibit 200 batang ke palabuhanratu, dengan ongkos kirim kira2 berapa ?

  10. drp says:

    mas Ali(bc dikomen atas), saya yg dulu prnh sms,nanam paya di jabar,yg sdh 1tahun lebih tapi blm semua rata berbuah & balikmodal. Kalo boleh saya minta tolong konsul krn takut skali rugi…& disini hanya pengepul & buku sbg sumber pengetahuan, data kebun&gambar lwt email ya mas,suwun mas, assalamu’alaikum

    1. Ali Wachid says:

      email sudah saya baca dan saya lihat gambar lokasi tanaman anda kalau tidak salah berada di tanah lempung merah.
      Langkah awal cek ph tanah. Beli di toko pertanian / kantor konsultasi pemerintah pertanian setempat alat cek ph tanah ( sekalian konsultasi di sana berikut cara pakai. kayaknya kurang phnya. Jika tetap belum ketemu solusi saya sarankan tanam ulang saja.
      Karena pertumbuhan sangat memprihatinkan dan jika dipertahankan biaya malah membengkak untuk perbaikan. Caranya biarkan dia hidup seadanya n tetap di airi. Tanami ulang rawatlah belajar dari kesalahan yang sudah ada.

  11. arif says:

    salam kenal mas,kayaknya budidaya pepaya lg ramai nie,sy mau tanya klo luas tanah 1ha idealnya d tanami pepaya berapa pohon ya mas?
    saya tunggu jawabanya mas….
    thankq….

    1. Ali Wachid says:

      1 ha sekitar 1700 batang untuk persiapan sulam dan mengganti pepaya betina sekitar 2500 batang.

    2. Ali Wachid says:

      salam kenal juga mas arif. biasanya yang sudah2 1 ha berkisar 1700 jarak tanam untuk pepaya california 2×2 minimal dan edial.

  12. habib says:

    mas,mau tanya kenapa kok bakal buah pepaya yang saya tanam kadang sudah rontok sebelum jadi besar.makasih

  13. bayu says:

    Tadi jalan2 ketempat mas ali… pepayanya bagus2.
    Semangat terus Pepayanya.
    pak Habib, buah rontok atau bakal buah yg rontok pada pepaya, disebabkan banyak hal, yang paling umum masalah Air, kekurangan air sangat berdampak pada kerontokan buah, tapi jangan terlalu banyak.. karena akar menjadi mudah busuk.
    Kekurangan fosfat (P) dan kalium (potassium = K)juga bisa menjadi faktor kerontokan bakal buah.
    masih banyak lgi faktor kerontokan yg lain, tetapi kedua hal ini yang paling sering terjadi. mohon koreksi apabila ada kesalan salam semua

  14. sokhibi says:

    dari mas Sokhibi, agar dapat buah yang sempurna satu lubang di kasih dua bibit pepaya, nanti kalau sudah berbuah di tebang salah satu apa gimana?

    1. Ali Wachid says:

      cara itu juga bagus.
      satu lobang di isi 2 bibit pepaya… tapi jaraknya jangan terlalu dekat / sekitar 40 cm. jika ternyata berbuah panjang semua bisa di bongkar dan di pindah buat ganti pepaya yang bulat

  15. mardani says:

    bapak yg terhormat…saya ingin mengetahui teknik dan kadar pemupukan saat pembibitan pepaya dlam polybag,, terimakasih

    1. Ali Wachid says:

      Umtuk pemupukan dalam polybag sangat tidak disarankan..,.
      sebaiknya hanya memakai pupuk organik yang telah di campur dengan tanah sebagai media tanam. jika terpaksa hanya memakai penyemprotan pupuk daun dosis rendah

  16. jubir. says:

    salam pak. sy mau nanyak kalaw lahan agak berpasir apa cocok untuk menanam pepaya

    1. Ali Wachid says:

      Lahan berpasir bagus untuk tanam pepaya tapi ada kelemahannya, kandungan humus tanahnya kurang maksimal, jadi untuk kebutuhan pangan pepaya sebaiknya diperbanyak komposmya

  17. Pius Budi says:

    Assalamu’alaikum. Pak sy mau praktek tanam pepaya calina IPB9 dalam media polybak /pot, media tanamnya apa yg bagus dan ukuran polybak/pot berapa? kalau pesan benih bibit pepaya calina IPB9 cuma 2 bungkus dikiri di kota lumpur lapindo/Sidoarjo Jatim bisa nggak.terima kasih

  18. iwan mudzib says:

    maaf sebelumnya. saya menanam pepaya california sebanyak 2000 pohon, sekitar 2rts sudah panen, 700 pohon sedang berbuah kecil2, dan 200 pohon umur 1 bln 900 poho umur seminggu, saya mau tanya berapa harga normal pepaya california/kg? kemana saya harus jual dengan harga yang bagus masalahnya pepaya saya jantan semua

    1. Ali Wachid says:

      Kalau buahnya jantan semua dijualnya ke tukang sayur mas iwan.
      karena kalau pepayamu berbuah jantan semua tidak bisa berbuah melainkan hanya bunga kecil dan banyak memanjang. alias pepaya grendel.

  19. suyitno says:

    Assalamualaikum wr wbr .

    Maaf ikut nimbrung . pak kami baru 3 hari ini menanam pepaya ,untuk pemupukan yang benar pakai jeni apa ,berapa banyak dan kapan jadwalnya, mehon petunjuknya terima kasih.

    1. Ali Wachid says:

      Pemupukkan pepaya
      Tahap pertama silahkan di buatkan pupuk cair dari :
      1. Umur 10 hari buat NPK mutiara 250 g + air 10 L = untuk 15 batang.
      2. Umur 20 hari buat NPK mutiara 250 g + air 10 L = untuk 12 batang.
      3. Umur 30 hari buat NPK mutiara 250 g + air 10 L = untuk 10 batang.
      4. Umur 40 hari buat NPK mutiara 250 g + air 10 L + urea 50 g = untuk 10 batang.
      5. Umur 50 hari buat NPK mutiara 250 g + air 10 L + urea 50 g + kcl kanada 50 g = untuk 10 batang.

      Dilanjutkan tahap ke dua :
      Usia 2 bulan mulai pemupukan tabur campuran urea + ZA + SP36 + KCL Kanada.
      Petunjuk pemupukan tahap ke dua dibahas di tema membuat NPK sendiri.

      Catatan :
      * Kocor melingkar dekat batang pepaya namun tidak boleh kena batang pepaya.
      * Ke esokan harinya segera di airi.

  20. dwi prayugo says:

    Pak saya mau nanya, bagaimana dengan lahan persawahan yang ketinggian nya dibawah 300 meter diatas permukaan laut, apakah tanaman nya akan baik, atau bagaimana,?
    Terus bagaimana dengan hasilnya dari segi kualitas dan kuantitas dari pepaya tersebut?

    1. Ali Wachid says:

      Mas dwi ketinggian DPL pepaya edial di ketinggian 10m hingga 800m.
      Jika area mas dwi di ketinggian 300 tentunya sangat baik.

  21. suyitno says:

    Ass wr wbr
    Terima kasih Bapak atas petunjuk pemupukan pepaya yang Bapak sampaikan dan pepaya saya sekarang kelihatan subur .Adapun pepaya saya sekarang
    masuk usia tanam 2 bulan dan sebagian sudah belajar berbunga,
    yang mau saya tanyakan pemupukan usia 2 — 3 bulan bagaimana pak ?
    mohon petunjuknya .

  22. Edhie Munantiyo says:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Saya sudah menanam pepaya kalifornia dan paris masing-masing seluas 1 ha didaerah Nagrek Bandung.
    Mohon info, saya ingin belajar di lokasi Bapak dan bagaimana syarat yg harus dipenuhi dan juga lokasi dimana ?
    Terima kasih.
    Hormat saya
    Edhie M.
    HP. 0818414022

  23. hadi susilo says:

    asw. pak apa yg salah dari 1000 biji pepaya yg saya semai hanya 200 biji yg menjadi kecamba dan sy pindah ke polybach, yg sisanya sy ulangi seperti petunjuk dr bapk ( yang tertera dalam bungkusan biji pepaya),bibit pepeya sy pesan dr bpk, mhn petunjuknya sisa biji yg belum menjadi kecamba? sy belum pernah menanam pepaya

    1. Ali Wachid says:

      untuk komplain respon cepat silahkan sms di nomor pemesanan yang tersedia. biasanya jika terjadi kegagalan perlakuan cara kecambah masih ada yang kurang tepat.

  24. Terimakasih mas atas cara2nya. Nanti mau saya coba. Sepertinya menarik. Btw, harga bibitnya berapa. Saya ke website ini karena agan Muzibu. :)

    1. Ali Wachid says:

      Silahkan baca di link Bibit pepaya siap tanam atau jika menghendaki benih / biji di halaman cara pesan benih pepaya dari agro buah

    2. Ali Wachid says:

      Semoga bisa bermanfaat mas. Jika menghendaki bibitnya silahkan baca di link Petunjuk pemesanan bibit pepaya siap tanam di halaman http://agrobuah.com/jual-bibit-pepaya-berkualitas/.HTML atau jika menghendaki benih / biji di halaman http://agrobuah.com/benih-dan-bibit-pepaya-berikut-cara-pesan/.HTML

  25. suria says:

    Pak Ali, mohon tanya, ini kondisi pohon sehat dan batang kokoh :
    1. Setelah 1 bulan tunas dipupus, muncul banyak sekali cabang yang ukuran cukup besar kira-kira diameter 2 sd 2,5 cm . Apakah tunas dirempelin semua dan ditinggalkan satu saja yang paling lurus ke atas atau yang di samping ?
    2. Apakah perlu pemotongan sebatas 15cm dari permukaan tanah, karena setelah dipupus, tunas munculnya di bekas pupusan, tidak tumbuh di batang bagian bawah. Bagian batang di bawah batas 15cm tidak ada tunas.
    3. Bila tidak dilakukan pemotongan batas 15cm dari permukaan tanah apa akibatnya pada pohon?

    Terima kasih Pak. Mohon petunjuknya.

    1. Ali Wachid says:

      Pak suria silahkan ditinggal 1 tunas saja di sekitar 15 cm dari tanah dan yang lainnya dirempeli semua. intinya tujuan kita membuat lebih pendek batangnya, jangan lupa segera lakukan pupuk kocor. besok lagi minggu2 berikutnya jika muncul tunas-tunas lagi dirempeli semua kecuali tunas yang kita tinggal 1 tadi untuk calon batang utama dan sudah kelihatan gemuk batang tanaman pepaya tadi.

  26. rahim says:

    Salam, salam kenal mas, saya mau tanya, kemaren saya melakukan penyemaian tapi kecambah nya tumbuhnya tidak serentak. Pertanyaan saya apakah kecambah yg belakangan tumbuh tetap bisa dijadikan bibit. kemudian bibit yang belum dipindah kelahan daunnya ada bercak bercak mungkin ada hamanya, apakah bibit yg masih kecil ini bisa disemprot dengan peptisida. terima kasih saya tunggu jawabannya.

    1. Ali Wachid says:

      Mas rohim jika tidak serempak mungkin ada aplikasi cara semai ada yang kurang tepat.
      asal bisa kecambah sebaiknya dijadikan bibit tidak apa2 karena keterlambatan keluar cambah.
      tapi jika serempak kecambahnya biji terakhir tidak usah dipaksa keluar kecambah.
      bibit pepaya jika terserang hama atau penyakit sebaiknya jangan ditanam dahulu. Diobati dulu hingga sembuh baru ditanam dilahan. jika masih kecil pengobatan pestisida dosis dikurangi.

  27. marek says:

    salam kenal, Menyambung pertanyaan p suria, jika kita melakukan pemotongan sekali saja pada pupus,kemudian memilih tunas terbaik apakah ada dampaknya? (tanpa memotong lagi sampai ukuran 15 cm diatas tanah).trims

    1. Ali Wachid says:

      To Marek dampaknya tidak ada, cuma tujuannya memperpendek lagi saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Popular Posts

  • Teknis Budidaya Pepaya Berbuah Cepat Cara Budidaya Pepaya Berbuah Cepat cara ini tergolong baru. Namun…
  • 7 manfaat daun pepaya Semua Bagian dari pepaya ternyata memiliki manfaat dan berkasiat mengobati…
  • Ciri Khas Tanaman Pepaya California IPB9 Berbuah Lebat Tanaman pepaya california ipb9 perkembangan di negara Indonesia sudah populer…
  • Budidaya Pepaya Diketahui Cara Mampu Berbuah lebat Budidaya pepaya mampu berbuah lebat adalah idaman para petani pepaya.…
  • Cara Semai Benih Menjadi Bibit Pepaya Tercepat Agro Buah sangat senang menemukan cara semai benih menjadi bibit…
  • Cara Memilih Budidaya Menanam Pepaya Budidaya menanam pepaya sebuah pilihan sebagai budidaya usaha pertanian agrobisnis…
  • Cara Pesan Benih Bibit Pepaya California & Bangkok Cara pesan benih pepaya dan bibit pepaya ke kami agar…
  • Cara Perkecambahan Benih Pepaya Teknik Perkecambahan Benih Pepaya Berkualitas. Penyemaian biji pepaya bisa dilakukan…
  • Cara Mengatasi Hama Tanaman Pepaya Hama tanaman pepaya hal penentu tingkat berhasil atau tidaknya dalam…
  • Benih Dan Bibit Pepaya Berikut Cara Pesan Pepaya unggulan saat ini ada pada benih pepaya california, calina…

PageRank Checker